Tuesday 20 August 2013

Perawatan/Perbaikan sepeda motor



 Melakukan perbaikan system suspensi
A.Mendiagnosa gangguan pada system suspensi 
Gangguan pada suspensi depan
Stang kemudi seret saat berbelok kekiri/kekanan,kemungkinan penyebab lain:
penyetelan/pemasangan bearing steering head terlalu kencang
terjadi kesalahan pemasangan pada bearing steering head
terjadi kerusakan pada bearing steering head
tekanan angin ban kurang standart
kesalahan pemakaian ukuran ban
stang kemudi cendrung berbelok ke satu arah atau stang kendaraan tidak dapat bergerak dengan posisi lurus ,kemungkinan penyebabnya:
a.penyetelan/pengaturan suspense depan bahian kiri dan kanan tidak sesuai
b.terjadi kebengkokan pada pipa suspense
c.terjadi kebengkokan pada 0) roda depan atau kesalahan pemasangan roda depan
d.terjadi kelainan pada steering head bearing
e.terjadi keausan pada bearing roda
f.terjadi keausan pada bagian-bagian suing arm pivot
roda depan oleng ,kemungkinan penyebabnya:
a)      a.terjadi kebengkokan pada pelek
b)      b.keausan pada roda
roda depan berputar kurang lancar kemungkinan penyebabnya:
a)      a.terjadi kekeliruan pada pegas suspensi depan
b)      b.kerusakan pada bantalan roda
c)       c.kerusakan pada gigi speedometer
suspensi depan keras,kemungkinan penyebabnya:
a)      a.terjadi kebengkokan pada bagian-bagian suspensi
b)      b.terjadi sumbatan pada jalur-jalur oli dalam pipa suspensi
c)       c.kesalahan pada pengisian oli suspensi



cara mengatasi gangguan
suspensi terlalu lemah ,kemungkinan penyebabnya:
a)      pegas suspensi lemah
kebocoran oli pada dumper unitpenyetelan kurang tepat
suspensi terlalu keras kemungkinan penyebabnya:
a)      kesalahan pada pemasangan system penahan suspensi
b)      penyetelan kurang tepat
c)      swing arm pivot bengkok
d)      kerusakan pada swing arm pivot bearing
e)      kesalahan pada suspensi  linkage
f)       kerusakan pada linkage pivot bearing

system suspensi belakang
suspensi belakang jenis swing arm memberikan kenyamanan dalam pengendaraan serta membantu daya tarik dan kemampuan mengontrol gerakan roda yang baik.Pengunaan swing arm pivot sebagai penunjang dan penahan rear ayle pada bagian ujung swing arm,akan memberikan reaksi yang cepat pada roda untuk bervariasi di jalanan yang baik atau jalanan yang rusak.
B.keluarkan udara
a)      Lepaskan tutup garpu dan keluarkan pegasnya
b)      Keluarkan oli dengan cara memompa ke atas dan ke bawah
c)       Jepit selangsang dengan catok dan lapisi dengan kain lap, keluarkan socket bolt dengan kunci hex
d)      Buka dust seal,dan snap ring
e)      Tarik keluar pipa garpu dan selangsang
Gangguan terjadi pada roda:
a)      Pengendalian kemudi terasa berat
b)      Kekencangan mur pada kemudi terlalu keras
c)       Kerusakan pada bearing (bantalan)
d)      Tekanan angin ban kurang
e)      Kesalahan pemasangan ukuran pada ban depan
f)       Roda depan goyang /oleng
g)      Pelek bengkok
h)      Bantalan roda rusak
i)        Jari-jari kendor
j)        Pengendalian berat kesatu sisi
k)      Pemasangan suspensi kiri dan kanan tidak tepat
l)        Garpu depan bengkok
m)    Poros roda depan bengkok
n)      Terjadinya kelainan pada steering head bearing
o)      Frame/rangka bengkok
p)      Terjadi kerusakan pada pivot swing arm
q)      Putaran roda tidak halus tidak lancar
r)       Penyetelan rem tidak tepat
s)       Terjadi kelainan pada bearing roda
t)       Terjadi kelainan pada gear speedometer
Gangguan pada rantai :
a)      Rantai berkarat
b)      Rantai sudah aus
c)       Rantai agak longgar
Cara mengganti roda ban dalam dan roda ban luar :
1)      Pertama buka baut as roda dengan menggunakan kunci ring 17 dan 19
2)      Longgarkan setelan rem
3)      Lepaskan rantai
4)      Buka plat pada kopling
5)      Buka chom chains rantai

 



 Kopling 
Gerakan naik turun piston yang berulang-ulang diubah menjadi gerakan putar yang halus . putaran dari crank shuft ini selanjutnya di tranmisikan ke roda belakang melalui roda gigi reduksi  kopling, gear box sprocket penggerak rantai dan sprocket roda dan roda belakang gear reduksi berfungsi  sebagai peroleh putaran  dan torsi dari mesin ke roda belakang adapun putaran dan torsi dari mesin ke roda belakang  dapat putus dan di sambung oleh kerja kopling perubahan kecepatan dan putaran tergantung dari kombinasi gigi dalam gear box sehingga putaran dan torsi roda dapat berubah-rubah sesuai  dengan keinginan pengendara.
Kopling piringan adalah kontruksi kopling terdiri dari berbagai plat gesek yang berputar untuk menggerakan kopling
Kopling sentrifugal adalah sepatu bergerak keluar oleh daya sentrifufgal sehingga sepatu tersebut berhubungan dengan drum
Kopling V-belt adalah untuk digerakan oleh tenaga sentrifugal sehingga V—belt terjepit dengan demikian kopling secara otomatis mengkope 1, banyak dipakai pada model salju/snow mobiles
Kopling manual cara kerjanya dilakukan oleh pengendara pada saat tuas kopling ditarik,kopling terputus dan pada saat tuas kopling dilepas
Roda saat gear shift (pedal perseneling) ditekan maka gear shift akan berputar dan menyebabkan pola berputarannya gear shift drum dengan berputarnya drum akan menggerakan  shift fork ke arah penggerak jalur  yang ada pada shift drum sehingga gigi transmisi yang berhubungan  dengan shift fork pada jalur proses perpindahan gigi akan berlangsung sesuai dengan perpindahan gigi yang di ke hendaki.
a)      clutch outer       : berputar mengikuti arah putaran poros engkol
b)      clutch center     : berputar mengikuti main shaft
c)       clutch plate        : berputar mengikuti clutch (plat kopling)
“slid gear ,fixed,idle gear semua gearnya berputar tetapi tidak ada yang masuk”
pendingin pada mesin bertujuan antara lain:
a)      a.mencegah timbulnya panas yang berlebihan pada mesin (over heating)
b)      b.mencegah kerusakan timbulnya kerusakan alat mesin yang di sebabkan karena mengembang, misalnya retak/macet bagi alat mekanisnya yang selau bekerja
pendingin udara bebas
Ialah pendingin mesin yang menggunakan udara bebas  mengalir melalui sela-sela atau rusak pendingin yang telah tersedia di sekeliling cylinder head dan cylinder ini banyak di gunakan  mesin motor yang 500cc untuk ini di perlukan pendingin yang selalu bekerja dengan baik dan bersih, cara merawatnya antara lain:
a)      Rusuk pendingin yang harus bersih
b)      Rusuk pendingin jangan di cat terlalu tebal
c)       Janganlah menghidupkan mesin terlalu lama tanpa di jalankan
Pendingin udara paksa
Ialah pendingin mesin yang menggunakan udara di paksa masuk dan mengalir rusuk pendingin mesin yang di lakukan oleh kipas blower dan ini terpasang pada rotor magnetnya

Membongkar,membersihkan, dan memasang/merakit kembali karburator
Langkah kerjanya :
1)      cara/langkah kerja membongkar karburator
2)      Membuka cover daya depan
3)      Membuka baut karburator
4)      ‘membongkar bagian dalam karburator dan di bersihkan
cara/langkah kerja membersihkan karburator :
1)      Keluarkan bensin dari dalam karburator
2)      Karburator di lap dengan kain
3)      Karburator di bersihkan dengan bensin dan semprotan angin
4)      Bersihkan komponen-komponen karburator
cara/langkah kerja memasang/merakit kembali karburator:
1)      Memasangkan kembali komponen yang terdapat dalam karburator seperti semula
2)      Menyeting aturan langsam dan angin
3)      Memasangkan kembali cover box

cara/ langkah kerja menyetel langsam:
1)      Tempelkan kabel thermometer ke kabel busi
2)      Akut setelan langsam sampai 2500
3)      Akut setelan angin  sampai 1500
4)      Setelah setelan seimbang maka tuneup karburator selesai

Cara membersihkan saringan udara:
1)      Penggunaan alat yang benar
2)      Celupkan ke dalam cairan pembersih/servent kering
3)      Basahi busa dengan air kemudian diperas lagi
4)      Saringan SOP di pasang

Cara mengatasi ke sukaran :
Mesin berputar tetapi tidak mau hidup?
1)      Bensin di dalam tangki habis
2)      Saringan bahan bakar tersumbat
3)      Bensin tidak mengalir ke karburator
4)      Mesin ke banjiran bensin
5)      Tidak ada percikan bunga api pada busi
6)      (gangguan pada system pengapian)
7)      Saringan udara tersumbat
8)      Ada kebocoran  pada saluran udara masuk
9)      Cara kerja cuk tidak benar
Cara kerja gas tangan tidak benar
Susah di hidupkan atau mogok setelah di stater?
1)      Cara cuk tidak benar
2)      Gangguan pada system pengapian
3)      Karburator tidak berfungsi sebagaimana mestinya
4)      Bensin kotor
5)      Kebocoran pada saluran udara masuk
6)      Putaran stasioner tidak rata
7)      Gangguan pada system pengapian
Putaran stasioner tidak tepat?
1)      Karburator tidak berfungsi sebagai mana mestinya
2)      Bensin kotor
3)      Penyetelan sekrup udara tidak rata
4)      Terjadi ledakan pada karburator?
5)      Gangguan pada system pengapian
6)      Karburator tidak berfungsi sebagai mana mestinya
Tenaga kurang dan bahan bakar boros?
1)      System bahan bakar tersumbat
2)      Gangguan pada system pengapian
Campuran bahan bakar terlalu miskin?
1)      Spuyer-spuyer karburator kotor atau tersumbat
2)      Katup pelampung tidak bekerja dengan baik
3)      Tinggi pelampung terlalu rendah
4)      Lubang pernapasan tutup tangki bahan bakar tersumbat

No comments:

Post a Comment